Home » Mixed » UNIVERSITAS RAHARJA BERSAMA KEMENDIKBUDRISTEK DAN KEMENKEU JALANKAN REY SUMMIT #3 MENGENAI PERAN STRATEGIS INDONESIA MEMBANGUN GAMIFIKASI BLOCKCHAIN UNTUK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Visitors

December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives



UNIVERSITAS RAHARJA BERSAMA KEMENDIKBUDRISTEK DAN KEMENKEU JALANKAN REY SUMMIT #3 MENGENAI PERAN STRATEGIS INDONESIA MEMBANGUN GAMIFIKASI BLOCKCHAIN UNTUK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Created by QA

Dalam rangka mensukseskan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Raharja menyelenggarakan Webinar Nasional (REY Summit #3) secara daring pada Selasa (14/12/2021). REY Summit #3 ini dihadiri tidak hanya dari domisili Tangerang Banten, tetapi juga dari luar Provinsi Banten dengan total 623 peserta yang melakukan registrasi, dan Live streaming melalui youtube Magics Channel Universitas Raharja. Kegiatan REY Summit #3 sukses diselenggarakan mengusung tema Gamichain yaitu perpaduan antara teknik Gamifikasi dengan Blockchain yang berjudul “The Future of Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal ini merupakan hasil riset yang dijalankan oleh Dosen Penggerak Universitas Raharja dari Program Studi Sistem Informasi yaitu Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Nur Azizah M.Kom., M.Akt. Tidak hanya itu, dalam kegiatan risetnya juga bersinergi langsung bersama mitra dari STIKES IMC Bintaro dan dosen penggerak Dr. H. Rahmat Salam, M.Si. Riset ini mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek dan Kemenkeu (LPDP) yang bersumber dari Program Riset Keilmuan.

Bertujuan untuk lebih menguatkan lagi dalam pengaplikasian riset Gamichain, maka REY Summit #3 menghadirkan narasumber yang mahir di bidangnya yaitu Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., MA., M.Phil., M.Si bersama Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja., MTI., MM dan Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si (Rektor Universitas Raharja).

Rektor Universitas Raharja mengatakan “Kita dapat melakukan kerja praktek berkolega dengan masyarakat industri, dunia usaha, dan lainnya itu sangatlah mendukung objek pada Program Riset Keilmuan yang dijalankan bersama mahasiswa tengah semester, bukan hanya mereka itu bermain- main tetapi mendalami sehingga berkesinambungan antara ilmu teori dan ilmu terapan secara praktisi di lapangan merupakan dasar fundamental yang kuat dalam kehidupan kelak nanti mereka lulus dari Universitas Raharja”. 

Serta dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., MA., M.Phil., M.Si juga menyampaikan “Gamifikasi merupakan teknik pembelajaran yang paling tepat terhadap mahasiswa untuk zaman sekarang. Dengan gamifikasi, para mahasiswa tidak akan terasa telah selesai belajar dikarenakan terasa seperti bermain game.

Pentingnya peran teknologi dalam memperkuat MBKM mendorong Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM., SMIEEE bersama Ammar Hussein dari Traivis UK terus mengembangkan iLearning platform sebagai platform pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini dan lebih meningkatkan motivasi dalam pembelajaran para mahasiswa di era serba digital. Sementara itu, Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM., SMIEEE yang juga merupakan sebagai penerima World Class Professor 2021 mengatakan bahwa melalui iLearning platform, pembelajaran mahasiswa akan lebih update dan mengikuti perkembangan zaman. “Pembelajaran online atau digital lebih efektif dan efisien terhadap pembelajaran mahasiswa dikarenakan bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja” ujar Untung Rahardja.

Melalui teknik Gamifikasi dan Blockchain, periset diharapkan menghasilkan model atau rancangan dan mensinergikannya ke dalam program pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta kolaboratif melalui pelibatan mahasiswa dan mitra terkait. Riset Gamichain ini juga diharapkan dapat di hilirisasi menjadi aplikasi teknologi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1
33 Total Views 1 Views Today

Leave a comment